Header Ads

Header ADS

Reportase "Kresno Gugah"

Dari Khotmil Qur'an hingga Istiqomah Maiyahan

Acara Khotmil Qur'an disalah saturuang SMK Al Khidmah
Agaknya maiyah kali ini berbeda dengan rutinan sebelumnya. Berkat masukan dan saran dari salah seorang dulur maiyah, Kang Rohib dan kawan-kawannya untuk diawalinya maiyahan malam ini dengan rangkaian kegiatan Khotmil Qur'an. Serasa memberikan dan meneguhkan niat rutinan selama ini. Inisiasi ini langsung direspon oleh dulur Maiyah lain untuk segera dilaksanakan pada pagi harinya.

Karena dengan lokasi tempat yang berbeda dari maiyahan biasanya, gelaran malam ini bertandang ke salah satu institusi pendidikan yakni SMK Al Khidmah Kecamatan Ngronggot. Pertemuan dengan Kang Rohib dan kedua kawannya ini bukan tanpa sengaja. Dengan keyakinan bahwa semua memang sudah diperjalankan oleh ALLAH SWT, satu sama lain saling berkunjung silaturahmi, dan istiqomah dalam menjalin persaudaraan.
         Dilanjut malam hari bakda sholat Isya',  suara "klenengan" musik mulai diperdengarkan oleh teman-teman dari Kiai Anom Kusumo (KAK). Perlu sedulur ketahui bahwa sebelumnya iringan musik untuk setiap rutinan maiyahan Tasawwuf Cinta masih sebatas dengan alat dan komponen musik yang seadanya. Mengingat berdirinya Tasawwuf Cinta sendiri juga baru "amenangi" satu tahunnya, Oktober 2017. Dan Kiai Anom Kusumo juga terbentuk atas dasarnya utama adalah bentuk syukur kepada Allah atas keindahan dari-Nya yakni diperkenankan menyajikannya melalui nada, lau dan alunan musik. Mulai dari tembang Lir-Ilir, Sebelum Cahaya, Lagu Wajib Indonesia Raya dan Sholawat Alfus Salam, diperdengarkan sekaligus mengisi setengah jam sebelum acara dimulai. Seperti biasanya juga, rutinan ini tetap dikomandoi oleh saudara Romadhon sebagai moderator acara dan disambung dengan pembacaan tahlil (tawassul) yang dipimpin oleh Kang Handono dengan maksud dan tujuan agar tetap istiqomah dan benar-benar niat karena ALLAH serta tersambungnya ranah batin antar setiap jamaah.
Diberdayakan oleh Blogger.