CINTA SEBELUM CAHAYA





Mengawali sinau bareng kali ini, bertepatan pula dengan awal bulan di  Tahun Baru 2019 Masehi. Adalah moment dimana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW serta hari lahirnya Remaja Masyarakat Sekaran ( REMAS ) diselenggarakan dalam satu agenda bertajuk Sinau Bareng. Apapun namanya, semua ini tak lepas dari segala aktivitas yang diniatkan karena wujud syukur atas segala nikmat dan keridloan Allah. Semoga menjadikan tambahan ilmu serta tambatan menjalin tali silaturrahmi bagi kita semua. Aamiin.
Berbicara tentang proses dalam kehidupan bahkan sebelum adanya hidup ini pastinya semua terkoneksikan oleh cinta. Seperti halnya proses terjadinya alam semesta ini juga karena adanya cinta. Lahirnya Nabi Muhammad SAW pun tak lepas dari adanya cinta. Eksistensi semua kehidupan ini merupakan wujud dari cinta, Sebagaimana yang tertulis didalam puisi Cak Nun yang berjudul “Tahajjud Cintaku” menjelaskan bahwa posisi cinta itu sebagai esensi, seperti dalam penggalan baitnya : “Tuhan kekasihku tak mengajari apa pun kecuali cinta. Kebencian tak ada kecuali cinta kau lukai hatinya.”
Namun yang terlihat di banyak padangan dan sering kita jumpai, kesadaran akan cinta yang semakin tertutupi oleh Ke-AKU-an inilah yang semakin membelenggu setiap individu. Eksistensi diri lebih cenderung menonjol dan terlihat, sehingga hakikat manusia yang diperintahkan Tuhan untuk saling mencintai satu sama lain (dalam arti luas, sisi kemanusiaan) cenderung terabaikan.
Salah satu bentuk kesadaran cinta tersebut haruslah terwujud dalam suatu dialektika-hubungan cinta, yang menurut Cak Nun digambarkan dalam bentuk “Segitiga Cinta”.
Sebelum cahaya, sebelum melangkahkan kaki, hati, dan pikiran menatap 2019 ini juga sebelum apapun jangan lupakan peran cinta yang selalu ada.
Sekelumit kalimat pembuka diatas alangkah indah dan mesranya akan kita elaborasi dengan duduk bersama melingkar dan bercengkerama bebarengan di malam Sabtu, 05 Januari 2019. Berlokasikan di Halaman SMK Kesehatan Bhakti Norma Husada , Jl. Raya Sekaran Ds. Kelutan Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk maiyahan kali ini dilangsungkan.



Share:

Postingan