Header Ads

Header ADS

Menawarkan Kemudahan



        Membaca daur tak ubahnya menyelami kedalaman sari rasa manusia mengenal dirinya. Itu yang mungkin menjadi ijtihadku atas tulisan Mbah Nun yang sampai saat ini telah terbukukan sampai 5 daur. Bagi orang yang setengah-setengah membaca sepertiku ini, nampaknya harus serius barang satu dua lembar. Bukan karena aku ini hobinya membaca, melainkan setidaknya membaca menjadi titik awalku memahami semuanya. 
             Tidak perlu berat-berat untuk memahaminya. Satu dua daur sudah cukup bila kau rasa, ada makna dan intinya membawa mu kedalam kemandirian dan sedikitnya memberimu penjelasan. Penjelasan tentang apa? Ya apa saja kalau menurutku. Toh bisa dibaca dari halaman manapun. Tak perlu beku harus memahami dan membaca dari awal hingga khatam. Al Qur'an sendiri juga sangat dengan gamblang menawarkan bahwasannya engkau bisa membuka, membaca, dan memahaminya dari ayat atau juz berapa saja. Asalkan outputnya, engkau menjadi baik. Menjadi faham, dan terlebih tidak sombong karena sudah hapal dan paham satu dua ayat. Begitu beberapa ilmu yang disampaikan oleh Allah melalui Mbah Nun di beberapa maiyahan. 
            Sampai saat ini pun masih berjejal koleksiku dan beberapa koleksi dari istriku akan tulisan Simbah. Menjadi bagian yang telah tergaris suatu saat aku akan membacanya. Pastinya setiap jamaah atau setiap orang yang hadir disetiap maiyahan, sinau bareng atau sekedar melihat lewat sosial media mendapatkan tersendiri paling sedikit satu dua tetesan ilmu dari Mbah Nun.
             Semoga dengan perjalanan dan tulisan yang akan terus mengalir, kita berdoa bersama semoga Allah senantiasa menyayangi, menjaga dan menguatkan Mbah Nun dan keluarga untuk tetap menjadi guru, mursyid, penuntun, teman di tengah bingungnya kita menghadapi zaman.
          "Jazakallah Khairan Khatsira"

Diberdayakan oleh Blogger.