GETIH PUTIH


SATRIO GETIH PUTIH
Satria Getih Putih ibaratnya Sel darah putih di dalam tubuh, leukosit (bahasa Inggris: white blood cell, WBC, leukocyte) adalah sel yang membentuk komponen darah. Sel darah putih ini berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.
Di dalam pewayangan terdapat seorang satriya berdarah putih bernama Yudistira putera pandu tertua. beliau digambarkan sebagai tokoh berhati bersih, jujur, adil, sabar. selain bernama yudistira dia punya nama lain sesuai sifatnya seperti:Puntadewa, derajat keluhurannya setara para dewa
Yudistira, pandai memerangi nafsu pribadi
Gunatalikrama, pandai bertutur bahasa
Samiaji, menghormati orang lain bagai diri sendiri.
Dikisahkan prabu salya memiliki aji candra birawa yaitu sebuah ajian yang bisa memunculkan raksasa kerdil yang beringas, ketika satu raksasa dibunuh maka akan memperbanyak diri dan tambah beringas (mirip seperti epidemi penyakit menular) banyak prajurit dan kesatria yang kewalahan menghadapi aji candra birawa milik prabu salya, maka ditugaskanlah yudistira untuk menghadapinya.
    Ketika menghadapi prabu salya, prabu yudistira menggunakan jimat kalimosodo yang diikat dengan tombak dan dilemparkan tepat ke dada prabu salya, maka musnahlah ajian candra birawa disertai dengan kematian prabu salya.
    Dalam kisah ini menggambarakan salah satu cara menghadapi wabah yaitu dengan sel darah putih kiasan perilaku/akhlakul karimah(satriyo darah putih), mempertajam keimanan dalam bersyahadat (kalimosodo), perbuatan konkrit yang dapat mencegah datangnya wabah (tombak), misalnya senantiasa menjaga kebersihan dan gaya hidup sehat.
TC Juli 2020

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan