Tumurune Pawarto Suci

Rutinan Tasawwuf Cinta awal bulan Mei 2021 || yang akan digelar besok, di mushola sabilil muttaqin mbleton warujayeng dengan mentadabburi surah Al-Alaq istilah tema lain  nuzulul qur'an  sebagai tumurune pawarta suci atau kabar baik. Tema itu disepakati saat teman-teman pegiat selesai ngobrol bareng di langgar al-amin mlinjo.


Puji syukur Alhamdulillah kita sekalian masih dipertemukan dengan bulan romadlon ini dalam keadaan sehat wal afiat, berbicara bulan romadlon di dalamnya banyak peristiwa-peristiwa besar tercatat dalam sejarah di bulan romadlon, salah satu peristiwa itu adalah malam nuzulul qur'an (pawarto suci) seperti yang di terangkan dalam firman Allah QS:Al baqarah: 185,



Syahru romadlonalladzi unzila fihilqur'anu hudallinnasi wabayyinatin minal Huda wal furqoon 
artinya (beberapa hari yang di tentukan itu ialah bulan romadlon, bulan diturunkan Al qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).

Untuk itu alquran sebagai petunjuk untuk manusia menuju jalan kebenaran dan jalan ridlo nya Allah SWT. Al qur'an juga sebagai al fariqu bainal hak wal batil, membedakan antara yang benar dan salah sekaligus Syifa (Obat kesembuhan) & Rahmah (kebaikan) bagi orang yang Iman atau percaya. al qur an diturunkan dari lauhil mahfudz ke baitul izzah (di langit dunia) kemudian dibawa oleh malaikat jibril untuk di sampaikan kepada nabi Muhammad SAW sedikit demi sedikit, berangsur angsur sesuai dengan kebutuhan saat itu hingga sampai 30 juz, dalam masa 23 tahun lebih beberapa bulan, kesimpulannya bahwa al quran tidak sekaligus melainkan secara bertahap hal ini memberikan pelajaran bahwa semua urusan akan berhasil dengan baik, jika dilakukan secara bertahap.

Sedangkan ayat alqur'an yang di turunkan pertama kali diwahyukan kepada Rosulullah melalui malaikat jibril yaitu iqro' bismi robbikalladzi kholak. kelima ayat dalam kandungan surat Al-Alaq tersebut diturunkan digua hiro' pada tanggal 17 romadlon. Nah pada Rutinan TC yang ke-53 ini mari kita gali hikmah dari malam Nuzulul Qur'an yang dahulu bertepatan dengan malam Lailatul Qodar. Atau teman-teman Jamaah memiliki pandangan, pendapat, sudut pandang lain yang autentik tentang, keistimewaan bulan ramdlan, mari berbagi dan sinau bareng di Pengajian Majelis Masyarakat Maiyah Tasawwuf Cinta.